Minggu, 17 Maret 2019

#BukanTraveller Backpacker Ke Jogja

Ditulis oleh Unknown at 3/17/2019 03:32:00 AM
Hello gaes #BukanTraveller balik lagiii xD Semoga ga bosen ya baca-baca tulisan random gajelas punyaku ini.
kali ini mau share pengalaman perjalanan Jogja 7-9 April 2018 yang lalu. Udah lama sih, lama banget malah tapi gapapa deh ya. Aku yakin sih dari kalian pasti udah punya pengalaman lebih di Jogja daripada aku, Cuma ya daripada pengalaman dipendem sendiri mending aku tulis, buat nostalgia juga kalau lagi kangen jogja hehe.
            Okay, Perjalanan dimulai dari stasiun sejuta backpacker Jakarta, Stasiun Pasar Senen haha. Aku memilih mengambil kereta malam ekonomi gaes ya namanya juga backpacker gausah gegayaan eks atau pesawat lah wk. Aku milih Bogowonto Ekonomi jam 21.45… biar lebih efisien karena waktu malamnya dihabiskan diperjalanan. Sepanjang perjalanan aku tidur gaes wkwk ngumpulin energi buat jalan langsung pas sampai jogja. kok  bisa kereta ekonomi tapi tidur nyenyak? Ku kasih tipsnya yaa, jadi sebelum aku otw stasiun aku minum antimo dulu gaes biar teler pas dikereta, sebelum berangkat juga koyoan dulu (emak-emak belyke) dan terbukti gaes worth it banget! Jam 22.00 di kereta ku sudah tak sadarkan diri wkwk kebangun udah sampe Cirebon, tidur lagi bangun-bangun udah Purwokerto. Lanjut tidur bangun sampe Kebumen, belum puas tidur karena masih teler lanjut lagi dong sampe stasiun tugu :D setelah itu bangun prepare buat turun di Lempuyangan. Oh iya, jangan lupa bawa bantal leher dan sewa bantal pas di keretanya yaa. Biar tidur makin nyenyak :3
Aku sampai di stasiun lempuyangan jam 05.52 langsung ketemuan sama temanku yang sudah sampai duluan dari Bandung… setelah itu kami langsung otw penginapan pugeran untuk ambil motor, numpang mandi dan titip barang bawaan. Btw aku booking penginapan udah jauh-jauh hari ya jadi cari info di google gitu bandingin beberapa homestay wkwk nemulah penginapan murah namanya penginapan pugeran harganya sekitar 70k perkamar dengan fasilitas kipas, lemari dan kamar mandi dalam dan charge sekitar 40k untuk extrabed, mayan lah yaa cuma buat rebah doang ini. Oh iya untuk sewa motornya dipenginapan pugeran juga ya harganya 60k-65k/hari hehe.

Day 1 - 7 April 2018
07.00 Setelah mandi, prepare dandan di penginapan kami langsung menuju alun-alun kidul untuk sarapan, di alun-alun kidul terdapat 2 pohon beringin besar yang konon katanya kalo jalan dengan mata tertutup dan berhasil melewati jalan di antara 2 pohon tersebut, permohonan kita di kabulkan :D tapi aku ga nyobain sih karena kesitu tujuannya cuma buat sarapan, berhentilah kita di angkringan sekitar alun-alun kidul, aku sarapan nasi goreng 2 bungkus wkwk bungkusannya kecil gaes jadi aku ambil dua dan harganya murah banget Cuma 2,5k L minumnya es teh  manis as always, wkwk total sarapan plus minum bertiga cuma sekitar 20k gitu sih gila ga tuh murah bangetttt!
Jogja emang terkenal dengan makanan enak dan murahnya yaa…
setelah sarapan, kita langsung tancap gas ke pantai suing daerah Wonosari, Gunung kidul. yaaay mantai gaes gosongin kulit. dan seperti biasa buka maps untuk jalan. Perjalanan sekitar xx Km 2 jam dari pusat kota, sampailah di Pantai suing dengan membayar HTM 10k berdua (Exclude parkir motor). Lanjut Foto-foto menikmati suasana pantai sambil nunggu teman-teman lain yang akan menyusul… seharian dari jam 10an sampe sore kita di pantai suing doang… day 1 ini itinerary kita berantakan karena suatu hal :v tapi gapapa tetap menikmati semuanya kok J
sekitar jam 16.00 setelah ashar kita lanjut perjalanan yang niatnya mau cari sunset di candi ratu boko tapi karena waktu mepet ga keburu jadilah tujuan pindah ke hutan pinus pengger yang katanya kalau malam viewnya bagus banget. Kita sampai di pinus pengger magrib kondisi cuaca gerimis cantik karena semua lapar akhirnya mampir dulu diwarung-warung sekitar pinus pengger, dan ternyata cuaca sedang tidak bersahabat dan tidak berpihak pada kita. HUJAN DERAS BANGET! Heuheuheu gimana mau liat view bagus citylight Jogja dan foto bagus kalau hujan :D foto bagus dipinus pengger malem-malem hanya angan bagi kita ._.

siyaaap karena cuaca lagi gak bersahabat akhirnya sekitar pukul 22.00 kita mencari penginapan sekitar pinus pengger DADAKAN. Lalu diinfokan lah 100m dari pinus pengger ada rumah warga yang disewakan katanya. Jadilah kita nginep disitu dengan harga 210k/6 orang, ya walaupun tuh rumah agak horror sih tapi ya Cuma numpang merem bentar lah pagi juga udah kabur lagi kita. Edass kabur banget bahasanya :v
Pantai Siung

Day 2 - 8 April 2018

Kemarin abis pergi. pulang malem sekitar jam 10an baru nyari penginapan dadakan, sesampainya di penginapan kita langsung bersih-bersih, yang cewek-cewek lanjut maskeran abis itu main ludo aja sambil nonton tv, pada tepar gak kemana mana lagi. di hari kedua ini rencana nya sih kita bakal pergi ke Kebun Buah Mangunan nyubuh. Ya manusia hanya bisa berencana selebihnya tetap Allah yang menentukan, wkwkw kita semua kesiangan gaes jam 5 baru bangun sedangkan mandi antri, belum sholat shubuhnya, dandannya :v jadi jam 6 kita baru keluar penginapan setelah siap siap, langsung tancap gas. dan seperti biasa buka maps untuk jalan, dimaps cuma 30 menitan. Kita salah jalan gaes yang diarahin maps itu ternyata jalan buntu masuk ke kampong warga gitu, paraaah apesnya kita dikerjain maps wkwk.
Setelah nyasar langsung tancap gas ke kebun buah mangunan itu dengan modal mulut, yap nanya-nanya haha kita gapercaya maps lagi._.
akhirnya sampai jugaaaa.. lumayan jauhh sih. harga tiket masuk kebun buah mangunan 5k/orang, murah lah... lumayan buat kantong kek kita gini. Sampe sana sekitar jam7 masih kabut sih mayan masih bagus tapiiiiiiiiii RAME BANGET KEK PASAR L susah buat dapetin hasil foto bagus L yang penting ada foto aja jadinya kkkk. Karena makin rame kita memutuskan untuk pergi dari pasar ini, eh wisata ini… wisata kedua yang kita kunjungi yaitu Bukit Panguk Kediwung ya viewnya gajauh beda sama tadi, tapi kalo disini banyak spot foto instagramable gitcuu, foto bentar sisanya? Jajan, makan dan leyeh-leyeh di warung di wisata ini. Nikmatnya liburan masih bisa leyeh-leyeh kek stay-vacation beyb.
Sekitar jam 12an kita menuju wisata ketiga yaitu Pintu Langit Dahromo masih sekitaran dua wisata tadi sih… sebelum wisata kita isoma dulu gengs. Sampe ke wisata ketiga jam 1an gitu dan…. Panasnya ga berakhlak! Wkwkwk sumpah Jogja kalo siang panasnya parah bangettttt.
(ya manusia mah ga ada bersyukur, dikasih panas ngeluh, dikasih ujan apalagi :’)
Sekedar foto-foto bentar ditengah panas akhirnya sekita jam 2 lebih kita memutuskan untuk pindah tempat yapp lanjut ke candi ratu boko salah satu wisata yang tertunda di day-1.
Sampai di candi ratu boko sekitar jam 4 kita langsung beli tiket via traveloka mayan lebih murah dikit daripada beli diloket langsung, htmnya 40k/orang. Sebelum masuk kawasan candi kami memutuskan untuk isoma terlebih dahulu, lanjut memasuki kawasan candi yang rame juga beb hehe foto-fotonya ya seadanya dan sebisanya :D sekitar jam 5 aku dan salah satu temanku meng-explore candi hingga kawasan belakang yang sepinya pake banget beb sampe hawanya horror gitu, sampe maghrib lah lumayan jadi tau belakang-belakangnya.
Jam 7 kita cuss penginapan untuk mandi, sholat dang anti baju sebelum wisata malam ke malioboro, sekitar jam 9 kita makan bakmi djawa yang khas dan enak di sekitar alun-alun kidul. Itu asli sih enak bangetttt harganya sekitar 15k. setelah kenyang kita langsung menuju malioboro untuk menikmati suasana malam Jogja dan live music jalanan disana, gak lupa kita minum kopi joss (gambar dibawah) harganya 5k wajib dicoba biar ga penasaran :D

Setelah lelah sekitar jam 1 kita semua kembali ke penginapan untuk merebah lelah agar bisa lanjut beraktivitas di keesokan harinya. Day 2 berakhir. Sedih karena sisa sehari lagi di Jogja…

Kebun Buah Mangunan

Salah satu spot foto di Bukit Panguk
Salah satu spot foto di Pintu Langit Dahromo

Candi Ratu Boko

Malioboro malam hari

Day 3 -  9 April 2018

Besok nya hari ketiga atau hari terakhir kami di Jogja. Kami memutuskan untuk pergi  ke dua tempat saja. Pagi sekali sekitar pukul 06.00 kita semua sudah siap untuk perjalanan ke Candi Prambanan, sebelum kesana kita menyempatkan untuk sarapan dulu di angkringan tempat biasa, alun-alun kidul. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Sesampainya di Prambanan kita langsung menuju loket, masih pagi sekali masih sepi tapi 15 menit kemudian banyak rombongan anak-anak smp study tour… kebayang ruwednya kaya apa wkwk. Menikmati, Foto-foto, pulang. Sesederhana itu kalo main tapi ribet sih pas mau fotonya :v
Sepulang dari prambanan kita pergi ke sekitar malioboro untuk makan siang dan beli oleh-oleh (Bakpia pastinya). Makan siang di ayam geprek yang terkenal disana sepaket hanya …. K. setelah selesai semua itu sekitar jam 12 dan kita wajib ngejar kereta 14.30 tapi masih sepakat buat main ke Taman Sari.
Dengan segala keterburu-buruan main lah Cuma sejam dan ga efisien lah pokoknya karena buru-buru-_-
Foto-foto di taman sari udah kek dikejer apaan dah sampe lari-lari wkwkw singkat cerita sekitar jam 1 kita kembali ke penginapan untuk ambil barang dan kembalikan motor, sesampainya di penginapan kita beres-beres, hitung menghitung budget, lalu otw stasiun. Btw yang langsung otw stasiun hanya 4 temanku, karena aku keretanya sore sekitar 15.30 jadi masih nyantai dan masih sempet minta anter temenku yang tinggl di Jogja untuk cari oleh-oleh lagi, semurah itu sih oleh-oleh di Jogja jadi kalap L wkwkw

Syap holiyays is over guys! Aku dianter ke stasiun sama temanku yang tadi, check-in, beli jajan sekitar stasiun lalu boarding hehe, after that, Goodbye Jogja.
Candi Prambanan

Taman Sari

Oh iya, sebelum aku boarding aku dapat info di grup dari temanku yang berempat duluan ke stasiun tadi, katanya mereka salah naik kereta harusnya naik pasundan arah Bandung malah naik pasundan arah Surabaya wkwkwk lucu sekali mereka :v jadilah mereka turun di stasiun Klaten dan lanjut naik Bus arah Bandung.
Sebaiknya Jika sampai Stasiun atau Bandara diliat dan dengar baik2 informasinya atau kalau emang mau  cari aman Tanya saja sama petugas kereta. Backpacker lebih berwarna karena tersesat :D

Ini aku lampirin itinerary awal ya, beda jauh sama ekspektasinya pokoknya tapi gapapa kali buat referensi hehe.

Itinerary Yogyakarta 7 – 9 April 2018

DAY 1

18.10 - 02.40 Perjalanan dari Bandung
21.45 - 05.52 PerjalanandariJakarta
06.00   Bertemu dan bertransaksi dengan penyewaan motor (Dijemput di stasiun)
06.00 - 07.00Prepare dan sarapan sekitar tempat ambil motor, Alfamart/Indomart beli jajan, isi bensin dll
07.15 - 09.15 Perjalanan ke Pantai Siung
09.15 - 10.00 Main di PantaiSiung
10.00 - 11.30 Perjalanan ke Bukit Pengilon
11.30 - 12.30 Main di Bukit Pengilon
12.30 - 13.15 Ishoma
13.30 - 14.00 Perjalanan ke Pantai Indrayanti
14.00 - 14.45 Main di Pantai Indrayanti
14.45 - 16.15 Perjalanan Ke Candi Ratu Boko (Sunset)
16.10 - 18.00 Istirahat & Main diCandi Ratu Boko (Sunset)
18.00 - 18.30 Perjalanan Ke Bukit Bintang
18.30 - 20.00 Makan malam dan foto-foto di bukit bintang
20.00 -            Cari Penginapan di sekitar bukit bintang
22.00   Istirahat

DAY 2

04.00 - 05.00 Mandi dan Prepare di penginapan
16.30 - 18.30 Mandi, Istirahat dan Prepare Malioboro
18.30- 22.00 Jalan-jalan Malioboro, Titik 0 KM, Alun-alun YK, Cari Oleh-oleh
22.00      Sampai di PenginapanPugeran, Istirahat

DAY 3

04.00 - 05.30 Mandi dan sarapan di Penginapan Pugeran
11.00 - 11.45 Main di Taman Sari
11.45 - 12.00 Balik Penginapan Cek out
12.00 - 13.00 Ishoma
13.00 - 14.30 Main Di Malioboro (Bebas)
14.30 - 15.00 Perjalanan ke Stasiun

Oleh-oleh Rp. 500.000
Gojek Ps. Senen – Kost Rp. 13.000
Total Pengeluaran Rp. 1.300.000

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat ^^